HMJ Ilmu Keperawatan
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Ilmu Keperawatan
Universitas Muhammadiyah Malang

ILMIKI

 PROFIL ILMIKI

Ikatan Lembaga Mahasiswa ILmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI) merupakan organisasi mahasiswa yang beranggotakan lembaga kemahasiswaan ilmu keperawatan di Indonesia

1. SEJARAH TERBENTUKNYA ILMIKI
             Tahun 1999 merupakan awal munculnya pemikiran untuk membentuk wadah koordinatif berskala nasional untuk mahasiswa keperawatan. Namun saat itu masih seatas wacana belum ada langkah kongkrit untuk mewujudkannya
             Maret 2000, diadakan pertemuan mahasiswa kesehatan di Yogyakarta. Delegasi-delegasi mahasiswa  berkumpul dan bertukar wacana mengenai perlunya wadah koordinasi mahasiwa keperawatan Indonesia.Pada pertemuan ini didapatkan kesepakatan untuk mengadakan pertemuan di Yogyakarta dengan agenda membentuk jaringan mahasiswa keperawatan Indonesia. Pertemuan ini kemudian disepakati sebagai Pra Kongres I dengan nama Jaringan Mahasiswa Ilmu Keperawatan  Indonesia (JMIKI). Pra Kongres I dihadiri oleh Pranowo Adi (FIK UI), Jathu D.W. (FIK UI), Rudi S.N. Saputra (PSIK UNPAD), Haris Sofyana (PSIK UGM), Tanto (PSIK UNIBRAW), Lalu Matuwali (PSIK UNAIR), Yafeti Nazara (PSIK USU), Khaidir (PSIK Univ Andalas), dan Mashdar Jhon (PSIK UNHAS).
             
Tanggal 3 Juni 2000 diadakan Pra Kongres II di Yogyakarta dengan agenda membahas AD/ART  dan GBHO serta mempersiapkan Kongres Pertama Mahasiswa Keperawatan Indonesia 2000 (KOMPI 2000). Pada pertemuan ini nama organisasi berubah menjadi Ikatan Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (IMKI). Rencana pelaksanaan Kongres II (KOMPI 2000) di Jakarta tanggal 21-23 Juli 2003, sekaligus deklarasi IMKI.Akan tetapi, Kongres II tidak jadi dilaksanakan.Akhirnya disepakati ada Pra Kongres III di Unair Surabaya.
              Pra Kongres III dilaksanakan di Unair Surabaya tanggal 23-24 September 2000 dengan agenda membahas AD/ART dan GBHO IMKI serta persiapan KOMPI 2000. Terdapat beberapa usulan nama organisasi yaitu OMKI, IMKI, JMIKI, dan ILMIKI. Kemudian diperoleh kesepakatan dan pendeklarasian organisasi yang bernama “IKATAN LEMBAGA MAHASISWA ILMU KEPERAWATAN INDONESIA” disingkat ILMIKI (Surabaya, 24 September 2000 pukul 16.00 WIB).
             
Kongres I ILMIKI diadakan di Jakarta tanggal 23-25 Februari 2001. Agenda: memilih kepengurusan ILMIKI , menetapkan AD/ART, GBHO, dan program kerja nasional. Dalam Kongres I terpilih Jathu D.W sebagai ketua ILMIKI pertama dari FIK UI dan Husna Y. sebagai Sekjen ILMIKI UGM.
             Selain itu tercetus 6 tekad mahasiswa Keperawatan Indonesia yaitu percepat praktik mandiri keperawatan, biaya kesehatan murah bagi rakyat Indonesia, pendidikan keperawatan yang berkualitas, wujudkan Indonesia sehat 2010-2011, sipakan keperawatan AFTA 2003, dan otonomi daerah untuk kesejahteraan masyarakat.
           Kongres II ILMIKI dilaksanakan di Yogyakarta tanggal 23-27 Februari 2003.Di Kongres II ini terpilih Aris Cahyo P. (Unibraw) sebagai ketua umum dan Ariestia Ariani (UGM) sebagai sekjen. Selain itu dihasilkan pernyataan sikap dengan isi sebagai berikut:
  1. Disegerakan tersedia RS pendidikan keperawatan
  2. Percepat RUU Keperawatan menjadi Undang-Undang
  3. Optimalkan fungsi Diknas dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi keperawatan.
Struktur: ketua, sekjen, bendahara, sekretaris, biro kastrat, korwil 1-4, divisi (advokasi, SDM, dan sosial masyarakat).
           Kongres IV ILMIKI dilaksanakan disemarang tanggal 14-18 Maret 2007. Pada Kongres IV, terpilih Andi Baso Tombong (UNHAS) sebagai sekjen dan Ade Martiwi Eka Putri sebagai wasekjen. Struktur: sekjen, wasekjen, dirjen 1-5 (kastrat, POSDM, eksternal, sosial, keuangan,  pendidikan). Kongres V ILMIKI dilaksanakan di Makassar tanggal 31 Maret-4 April 2009.Pada Kongres V terpilih Ade Martiwi Eka Putri (UI) sebagai sekjend. Kongres VI ILMIKI dilaksanakan di Purwokerto tanggal 24-29 Mei 2011.Pada Kongres VI terpilih Ariska Juniar Arlan (Unpad) sebagai sekjen, dengan dirjen (Kastrad, Kaderisasi, Infokom, Panpel, dan Sosmas) disertai dengan Korwil I-VII untuk pengembangan wilayah.
  1. Tujuan ILMIKI  : ILMIKI berperan aktif dalam perkembangan keperawatan profesional Indonesia.
  2. Fungsi ILMIKI : ILMIKI sebagai wadah perkembangan keperawatan dan jaringan komunikasi lembaga mahasiswa ilmu keperawatan.
  3. Agenda ILMIKI
  • Agenda Wajib
             a. Kongres ILMIKI
             b. Sidang Tahunan ILMIKI
                  c. Rakernas ILMIKI
  • Agenda Nasionas
             a. Temilnas

             b. LKMM           

             c. Ners Vaganza

Daftar nama anggota institusi yang tergabung dalam ILMIKI sampai tahun 2012 :
  1. HIMA Kep PSIK Unsyiah (NAD)
  2. HIMA PSIK USU (Medan)
  3. HIMA PSIK Unand (Padang)
  4. HIMA Stikes Bina Husada (Palembang)
  5. HIMA Stikes Ceria Buana
  6. HIMA PSIK Unsri (Palembang)
  7. SEMA FIK UI (Jakarta)
  8. HIMA STIK St. Carolus (Jakarta)
  9. HIMA PSIK Univ. Muhammadiyah Jakarta (Jakarta)
  10. BEM FIK Unpad (Bandung)
  11. DEMA IKA Undip (Semarang)
  12. HIMIKA PSIK UGM (Yogyakarta)
  13. HIMIKA PSIK Univ. Muhammadiyah Yogyakarta (Yogyakarta)
  14. BEM FKp Unair (Surabaya)
  15. HIMA JAYA PSIK Unibraw (Malang)
  16. HIMA PSIK Unhas (Makassar)
  17. HIMA Stikes Aisyiyah Yogyakarta
  18. BEM  KMJK Univ. Jenderal Soedirman (Purwokerto)
  19. HIMA PSIK UIN Syarif Hidayatullah (Jakarta)
  20. HIMIKA FIKES Univ. Muhammadiyah Malang (Malang)
  21. HIMA PSIK Univ. Muhamadiyah Surakarta
  22. HIMA PSIK Universitas Indonesia Timur (Maluku)
  23. STIKES SURYA GLOBAL YOGYAKARTA
  24. UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
  25. UNIVERSITAS  KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA
  26. UNIVERSITAS SULTAN AGUNG SEMARANG
  27. UNIVERSITAS RIAU
  28. UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
  29. STIKES KARYA HUSADA SEMARANG
  30. UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA





 
Shared: